Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika dan Koneksi Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika dan koneksi matematika siswa kelas XII MA Nuhiyah Pambusuang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 orang siswa yang masing-masing 2 siswa mewakili tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah. Data dalam penelitian diperoleh dari angket kepercayaan diri siswa, tes kemampuan komunikasi dan tes kemampuan koneksi matematika, serta tes wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi cenderung sudah memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematika. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri sedang cenderung hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematika, yaitu indikator ekspresi matematika. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah cenderung tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematika. Pada kemampuan koneksi matematika, siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi cenderung sudah memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri sedang cenderung hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan koneksi matematika, yaitu indikator menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, namun pada indikator menghubungkan antar konsep matematika siswa sudah mampu menuliskan informasi yang terdapat dalam soal. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah cenderung hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan koneksi matematika, yaitu indikator menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Aminah, S., Wijaya, T.M., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.31004/cendikia.v2i1.29
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematika kepercayaan diri siswa SMP. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25-32. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i.1.p25-31
Budiarti, Y.L., Akbar, N.S., & Rachmah, N.D. (2015). Analisis keyakinan diri dan kesejahteraan psikologis pedagang di pasar tradisional darat dan pasar terapung Lok Baintan Sungai Tabuk Martapura. SOSIO KONSEPSIA, 4(2), 108-122. https://doi.org/10.33007/ska.v4i2.117
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. JNPM - Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 153-164. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3.i1.2033
Hodiyanto (2017). Kemampuan komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika. AdmathEdu - Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9-18. https://dx.doi.org/10.1292/admathedu.v7i1.7397
Hulukati, W. (2016). Pengembangan diri siswa SMA. Ideas Publishing. http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show569/buku-pengembangan-diri-siswa-sma.html
Kemdikbud (2015). Rencana strategi kementrian pendidikan dan kebudayaan tahun 2015-2019. Jakarta: Kemdikbud
Malinda, P., & Hidayat, W. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis pada materi bangun datar segi empat. Journal of Medives - Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 349-357. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1175
Mardika, F., & Hasanah, U.R. (2020). Peningkatan kepercayaan diri siswa SMP dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair square. AXIOM - Jurnal Pendidikan & Matematika, 9(1), 87-98. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i1.7267
Mukhtari, Z., Yuliani, A., & Hendriana, H. (2019). Analisis pengaruh self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematik siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI - Jurnal Pmebelajaran Matematika Inovatif. 2(5), 337-346. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p345-354
NCTM (2000). Principles and standart for school mathematics.
Nurul, Octaviani, A., & Zanthy, L.S. (2019). Analisis kemampuan koneksi dan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa SMP. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 57-64. https://dx.doi.org/10/22460/jpmi.v2i2.p57-64
Priyanti, D., & Silaen, J.M.S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku merokok siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta. IKRAITH-HUMANIORA, 2(1), 100-108. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/107/41.
Rizqi, A.A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan dirisiswa melalaui blended learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17-23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/12911
Sugiyono (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatuf, Kualitatif, RD. Bandung: Alfabeta
Ulya, F.I., Irawati, R., Maulana. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121-130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940
Wijayanto, D.A., Fajriah, N.S., & Anita, W.I. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia - Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Yundaryanti, & Suyoto. (2020). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) di SMK Al Karamah. DIDAKTIKA, 26(1), 82-89. http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v27i1.2106
Copyright (c) 2022 Nuranisa Nuranisa, Nurfadilah Mahmud, Sartika Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints