Analisis Efektivitas Praktikum Virtual Menggunakan aplikasi Everycircuit Berbasis Android pada Pembelajaran Era Pandemi Covid 19

  • Rahman Rahman Universitas Cenderawasih
  • Sudarmono Sudarmono Universitas Cenderawasih
Keywords: Pandemik CoViD 19, Laboratorium Virtual, Aplikasi EveryCircuit

Abstract

Pandemi Corona (CoVID 19) yang terjadi pada awal tahun 2020 memberikan perubahan di segala sektor kehidupan manusia, termasuk dalam sektor pendidikan yang mengubah pola belajar megajar tatap muka menjadi pola belajar jarak jauh dan pemanfaatan berbagai saran dan prasarana yang mendukung proses Belajar Dari Rumah (BDR), termasuk pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium, dan hal ini terjadi juga di Jurusan Fisika, Universitas Cenderawasih dengan memanfaatkan aplikasi EveryCircuit yang merupakan aplikasi simulasi pembuatan rangkaian elektronika digunakan dalam pelaksanaan praktikum pada mata kuliah Fisika Dasar II dan Elektronika I secara virtual dari rumah.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini  adalah deskriftif kualitatif yang menitikberatkan pengumpulan data melalui kuesioner dana teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman dan model Spradley.

Jumlah responden sebanyak 29 mahasiswa dan jumlah pertanyaan sebanyak sebanyak 24 buah pertanyaan yang berisikan mengenai pertanyaan seputar Belajar dari Rumah (BDR) dan pelaksanaan praktikum virtual menggunakan aplikasi EveryCircuit. Pada pernyataan  mengenai  panduan praktikum  yang disediakan apakah sudah sesuai dengan perkuliahan Fisika Dasar 2 dan Elektronik 1, maka  20 responden (69%) menjawab sangat setuju, 9 responden menjawab setuju (31%).  Pernyataan  pemilihan judul praktikum yang diberikan secara online sesuai  dengan materi perkuliahan Elektronika 1, sebanyak 16 responden (55%) memilih sangat setuju dengan pernyataan tersebut, 13 responden (45%) memilih setuju. Pernyataan terakhir yang dinilai responden adalah praktikum Elektronika 1 atau praktikum Fisika Dasar II berhasil dilakukan  secara online dengan menggunakan aplikasi EveryCircuit, jawaban yang diberikan adalah 17 responden menjawab sangat setuju, 12 responden menjawab setuju.

Dari analisis yang dilakukan terhadap responden yang telah menggunakan aplikasi EveryCircuit terhadap pelaksanaan praktikum virtual pada sistem belajar dari rumah pada masa pandemi CoviD 19 memberikan hasil bahwa aplikasi EveryCircuit dapat dengan mudah digunakan pada pelaksanaan praktikum virtual di bidang elektronika.

 

Kata Kunci : Pandemik CoViD 19, Laboratorium Virtual, Aplikasi EveryCircuit

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendrayana, S. dan Haeruman, 2020, “Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh
di SD Laboratorium Upi Kampus Cibiru”, Prosiding Seminar Nasional Edupreneurship dalam Mendukung Inovasi Pembelajaran pada Masa Adaptasi Kebiasan Baru, Bandung, 21 Desember 2020, Hal. 166 – 178.

Suryandari A. W. dan Burhendi, F. C. A, 2020, Studi Pendahuluan Karakteristik Pembelajaran Online Fisika Selama Masa Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar : Transformasi Pendidikan Menyogsong SDM di Era Society 5.0, Jakarta, 26 Oktober 2020, hal. 1 - 9.

Tania R, Jumadi, dan Tolino F, 2020, Android-Based Learning Media Using Problem Based Learning on Physics Learning of Senior High School
Students, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Volume 6 Issue 2, Desember 2020, hal. 289 – 298.

Sugiharti S, Sugandi M. K., 2020, Laboratorium Virtual : Media Praktikum Online untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Masa Pandemi, Prosiding Seminar Nasional Transformasi Pendidikan sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Era Society 5.0, Majalengka, Agustus 2020, Hal 750 – 757.
www.worldometer.info, diakses tanggal 23 Agustus 2021.
www.covid19.go.id , diakses tanggal 23 Agustus 2021.
Published
2022-07-28
How to Cite
RahmanR., & SudarmonoS. (2022). Analisis Efektivitas Praktikum Virtual Menggunakan aplikasi Everycircuit Berbasis Android pada Pembelajaran Era Pandemi Covid 19. SAINTIFIK, 8(2), 168 - 175. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.363