Implementasi Smart Tourism Sebagai Media Promosi Wisata di Sulawesi Barat

  • Asmawati S Universitas Sulawesi Barat
  • Musyrifah Musyrifah Universitas Sulawesi Barat
  • Farid Wajidi Universitas Sulawesi Barat
  • Nuramsah Zulkarnaim Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Media, Promosi, Smart Tourism, Sulawesi Barat, Wisata

Abstract

Potensi wisata yang dimiliki oleh Sulawesi barat cukup potensial untuk dikembangkan, tetapi belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah daerah maupun industry pariwisata. Sehingga masyarakat tidak tertarik untuk mengunjungi destinasi tersebut. Hal itu menjadi pokok permasalahan pada pariwisata di Sulawesi Barat serta kurangnya publikasi serta promosi yang dilakukan, sehingga dibutuhkan suatu suatu sistem yang dapat digunakan untuk mempromosikannya. Adapun tujuan  penelitian ini untuk memudahkan wisatan untuk mendapatkan informasi mengenai objek wisata yang ada di Sulawesi barat dan akamodasi disekitarnya, serta lokasi destinasi wisata tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan metode prototype. Pembuatan aplikasi ini meliputi desain sistem menggunakan Use case Diagram, dan desain tampilan sistem. Sedangkan proses implementasi sistem menggunakan Codeigniter. Berdasarkan aspek  program, content, penilaian pengguna, respon pengguna pada uji coba lapangan dengan jumlah enam puluh orang responden yang terdiri dari 20 orang wisatawan, 10 orang pemilik hotel dan 30 orang responden lainnya dari pihak pemerintah serta komunitas penggiat wisata, menunjukkan rerata 3,61 dengan presentase 90,21% dengan kategori sangat baik, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan smart tourism  sangat membantu dalam promosi wisata di daerah Sulawesi Barat

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Gozali, “Pembuatan Sistem Informasi Pariwisata Kota Samarinda Berbasis Web,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2015.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 15th ed. Jakarta: Rineke Cipta.

C. M. Lengkong, R. Sengkey, and B. A. Sugiarso, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web di Kabupaten Minahasa,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 15–20, 2019, doi: 10.35793/jti.14.1.2019.23780.

D. M. Mertayasa and A. R. Yambese, “Sistem Informasi Pariwisata Pantai Berbasis Web,” Elektron. Sist. Inf. dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 51–61, 2017. DOI: https://doi.org/10.51876/simtek.v1i2.24

D. Umagapi and A. Ambarita, “Sistem informasi geografis wisata bahari pada dinas pariwisata Kota Ternate,” Jurnal Ilmiah Ilkominfo – Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 1, no. 2, 2018 DOI: https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v1i2.8

K. Saputra, “Perancangan sistem informasi pariwisata berbasis website sebagai media promosi di Singkawang Kalimantan Barat,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, vol. 2, no. 1, 2017 DOI: https://doi.org/10.37673/jebi.v2i1.48

Lubis, Zulkarenain & Osman, Abdullah. 2014. Indonesian Tourism Sector: A Potential Sector That Has Not Been Optimized. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 8(23): 286-290.

R. Soelistijadi, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web : Studi Kasus Fasilitas Penginapan Di Wilayah Provinsi Yogyakarta,” J. Din. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 59–67, 2015

Simarmata, J. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujadna, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2022-01-31
How to Cite
S, A., Musyrifah, M., Wajidi, F., & Zulkarnaim, N. (2022). Implementasi Smart Tourism Sebagai Media Promosi Wisata di Sulawesi Barat . SAINTIFIK, 8(1), 76-84. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i1.349