Profil Antusias Belajar Fisika Peserta Didik Metode Hybrid Learning di MAN 2 Sumedang

  • Delviana Junissetiawati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syifa Ramadiani Program Studi Pendidikan Fisika, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Minan Chusni Program Studi Pendidikan Fisika, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Euis Rihayatin Madrasah Aliyah Negeri 2, Sumedang
Keywords: Antusias, Fisika, Pembelajaran

Abstract

Tuntutan dari pembelajaran fisika adalah terjadinya peningkatkan kemampuan berpikir peserta didik sehingga tidak hanya mampu secara kognitif dan psikomotorik melainkan peserta didik juga mampu berpikir secara sistematis, objektif dan kreatif. Tetapi, fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran fisika seringkali ditemukan peserta didik yang bermalas-malasan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat antusias belajar fisika dan mengetahui indikator yang menunjukkan persentase tertinggi dan persentase terendah dalam antusias belajar fisika peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Sumedang Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang peserta didik. Data diperoleh melalui angket yang berisi 30 pertanyaan, kemudian persentase skor dihitung berdasarkan kategori pertanyaan untuk setiap indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil antusias belajar fisika peserta didik di MAN 2 Sumedang termasuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase 78%. Artinya terdapat keantusiasan dari peserta didik untuk belajar fisika. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai studi awal bagi peneliti selanjutnya dengan berbagai aspek lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aina, M., Budiarti, R.S., Muthia, G. A., Putri, D. A., 2021, Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19, Al-Jahiz: Journalof Biology Education Research, No.1, Vol. 2, 1–12.

Amalia, R. U., 2017, Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Siswa, Indonesia Journal of Guidance and Conselings: Theory and Application, No.1, Vol. 6, 53–59.

Amin, E.V., Andayani, Y., S, 2018, Hubungan Antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA, Chemistry Education Practice, No. 1, Vol. 1, 13–19. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v1i1.884

Aminudin, A.H., Yudi, D., Heni, R. 2016, Didactical Design Research (DDR) Pada Hukum Pascal Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa Kelas X MAN Cililin Kabupaten Bandung Barat, JoTalp:Journal of Teaching and Learning Physics, No.2, Vol. 1, 1–9. DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v1i2.5816

Ansori, Y., Herdiman, I., 2019, Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP, Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang,No. 1, Vol. 3, 11–19. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646

Asria, L., Sari, D.R.., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., Rahmawati, F., 2021, Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz, Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, No.1, Vol.3, 1–17. DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Charli, L., Tri, A., & Lusi, A., 2019, Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika, SPEJ (Science and Physics Education Journal), No. 2, Vol. 2, 52-60 DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dananjaya, I. H., Suastra, I. W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., 2017, Penerapan Model Qauntum Learning Berbantuan Media Video Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa, Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains Dan Pembelajarannya, No. 2, Vol. 9, 32–43.

Deasy, A., 2020, Hubungan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, JPD (Jurnal Pendidikan Geografi), No.1 Vol. 4, 8–18. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2374

Gustiawan, A., 2021, Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Antusias Siswa SMK Dalam Pembelajaran Fisika, JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, No.1, Vol. 8, 101–112.

Hasanah A, Lestari A, A.S, Rahman A Y, Daniel, Y., 2020, Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19. DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30473

Ilma, A., 2021, Eksperimen Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Didukung Modul LCDS Ditinjau dari Ketekunan Belajar Siswa SMA Materi Hukum Newton, Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, No. 1, Vol. 11, 17–24. DOI: https://doi.org/10.20961/jmpf.v11i1.47358

Inggit, S.M., Winny, L., Iyon, S. 2021, Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) Pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas, JoTalp: Journal of Teaching and Learning Physics, No. 1, Vol. 6, 49–68 DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.11016

Jaba, I., Ivyalentine, D. P., Andi, S. N., 2018, Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke, Jurnal Magistra, No. 1, Vol. 5, 62-72 DOI: https://doi.org/10.24036/student.v2i1.86

Kurniawan, A.S., Puji, P., Darussalim, Lily, P.H., 2017, Antusiasme Belajar Siswa Kelas X ilmu Pengetahuan Bahasa Pada Lintas Minat Biologi di MAN 2 Model Medan, Jurnal Pelita Pendidikan, No. 1. Vol. 5, 108–117.

Ma’ruf, R. A. L. 2019, Profil Tingkat Pemahaman Konsep Fisika Gerak Lurus dengan Model Conceptual Understanding Procedures, JoTalp: Journal of Teaching and Learning Physics, No.2, Vol. 4, 18–24. DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i2.4534

Muhajir, 2018, Pengaruh Pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Antusias Belajar Siswa di SDI Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, Tesis, Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Oktalia, Y., Indra, S., Dedi, H., 2017, Pengaruh Minat dan Motivasi Pada Penerapan Model Diskoveri Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 1, Vol. 1, 87-95 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.240

Permatasari, A., 2015, Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi, 146–156.

Pratama, N. S., Istiyono, 2015, Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS), Vol.6, 104–112.

Purwaningsih, A.Y., Herwin, H., 2020, Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, No.1, Vol.13, 22–30. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662

Ristiana, A, 2017, Upaya meningkatkan antusiasme belajar siswa melalui strategi mind map dan crossword puzzle dalam mata pelajaran aqidah akhlak pokok bahasan asmaul husna kelas X di MA YPIP Panjeng Jenangan Ponorogo, Tesis, IAIN Ponorogo.

Sari, N., Sunarno, W., 2018, Sekolah Menengah Atas The Analysis Of Students Learning Motivation On Physics Learn- Ing In Senior Secondary School, Vol. 3, 17–32. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sharfina, A., T. M., 2018, Profil Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Fisika Siswa SMP, Quantum: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 61–66.

Shidik, M.A., 2020, Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik MAN Baraka, Jurnal Kumparan Fisika, No. 2, Vol.3, 91-98 DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.91-98

Sitompul, R.S., Astalini, Alrizal., 2018, Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA Di SMAN 9 Kota Jambi, Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, No. 2, Vol. 3, 22-31 DOI: https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.5395

Sudjana, I.W.C., 2019, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, No.1, Vol.4, 29–39. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sudibyo, E., Jatmiko, B., Widodo, W., 2017, Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, No.1, Vol.1, 13–21. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21

Tamardiyah, N, 2017, Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP, Manajemen Pendidikan, No.1, Vol.12, 26–37. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972

Utami, F.D., Djatmika, E.T., Sa’dijah, C., 2017, Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, No.12, Vol.2, 1629–1638.

Wati, R., I Dewa, P. N., Eko, S., 2017, Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Jurnal, Pembelajaran Fisika, No. 2, Vol.5

Wahyuni, S., Kosim, Gunawan, 2018, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, No. 2, Vol.4, 240-246 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.891

Wahyuni, E., 2021, Penggunaan Media Pembelajaran Aurora 3D Presenattion untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah, Jurnal Kreatif Online, No.1, Vol. 9, 9–15.

Wibawa, R.P., Dinna, R.A., 2019, Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia, Equilibrium, No. 2, Vol. 7, 137-141 DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Wijaya, E.Y., Dwi, A.S., Amat, Y., 2016, Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Digital, Prosiding, Seminar Pendidikan Matematia, Vol.1, Universitas Kanjuruhan Malang.

Woi, M.F., Prihatini, Y., 2019, Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika, Teacher in Educational Research, No.1, Vol.1, 1–8.

Yanti, N.R., Kasyadi, S., 2020, Pengaruh Minat Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmi Pengetahuan Sosial, Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, No.1, Vol.2, 30–41. DOI: https://doi.org/10.17509/jpak.v4i2.15418

Published
2022-01-31
How to Cite
Delviana Junissetiawati, Syifa Ramadiani, Muhammad Minan Chusni, & Euis Rihayatin. (2022). Profil Antusias Belajar Fisika Peserta Didik Metode Hybrid Learning di MAN 2 Sumedang. SAINTIFIK, 8(1), 29-36. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i1.345