Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantukan Adobe Flash di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran ini diharapkan mampu mendukung pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain lembar validasi, angket respon siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwamedia pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian oleh dua orang pakar dengan skor rata-rata 3,5, memenuhi kriteri praktis berdasarkan penilai guru, dan memenuhi kriteria efektif berdasarkan skor hasil belajar siswa serta respon siswa yang sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan Adobe Flash memenuhi kalayakan sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Huda, M. 2018. Model-model pengejaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Saputri, Rinda Azmi. 2021. Sistem Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mtsn 1 Alor, Nusa Tenggara Timur Pada Materi Bentuk Dan Operasi Pecahan Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Supriyadi, S. 2016. Adobe flash untuk mendukung pembelajaran. Jurnal Komunikasi,7(2).
Tandiling, E. 2010. Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah. Jurnal Guru Membangun, 25(3).
Wibowo, E. J. 2013. Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV. In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, 2(1).
Copyright (c) 2021 Murtafiah Murtafiah, St. Inaya Masrura, Saharuddin Saharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints