Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi

  • Muhammad Wajdi Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Giving Question and Getting Answer, Sistem Sirkulasi Darah, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar biologi konsep sistem sirkulasi darah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. (2) mengetahui hasil belajar biologi konsep sirkulasi darah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian “Pretest Posttest Control Group Design”. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar dan sampel penelitian yaitu XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cara Sampling Jenuh. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model Giving Question and Getting Answer sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dari hasil tes belajar siswa melalui pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah Normalitas Gain dan Independent Sample t-Test. Hasil menunjukkan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen yaitu 77,04 sedangkan pada kelompok kontrol yaitu 65,45. Hasil uji analisis Independent Samples T-Test, diperoleh nilai signifikan p = 0,002 < α = 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian model Giving Question and Getting Answer berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chasanah, Amalia, dkk. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Giving Questions and Getting Answers Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N Banyunodo Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.4 (3).

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Nengsi, Sri dan Oktaria, Risky. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran GQGA(Giving Question and Getting Answer) terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol.2 (2), ISSN : 2598-7453.

Yanti, Linda, dkk. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer pada Pembelajaran Daring Biologi Via Whatsapp. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.1 (2).

Yunus, Muh. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Aktiv Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng. Jurnal Chemica. Vol.14 (1).
Published
2021-07-31
How to Cite
WajdiM. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi. SAINTIFIK, 7(2), 118-125. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.325
Section
Articles