Analisis Kesalahan Siswa dalam Pengoperasian Bilangan Bulat
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kesalahan siswa dalam pengoperasikan Bilangan Bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif yang bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan pengoperasian bilangan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil penelitian tentang deskripsi Analisis Kesalahan Siswa dalam Pengoperasian Bilangan Bulat pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Binuang dengan deskripsi kuantitatif. menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar peserta didik Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal materi Bilangan Bulat dengan nilai rata-rata sebesar 73,2 dengan rentang skor 60 yang berarti hasil belajar matematika peserta didik kelas tersebut mulai dari 40 - 100. Median yaitu 75 dan modus atau frekuensi tertinggi yaitu 70. jumlah peserta didik yang belum tuntas belajar sebanyak 11 orang atau 44% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 14 orang atau 56%. pengoperasian bilangan bulat untuk subjek 1 (Nf) diperoleh informasi bahwa siswa tersebut tidak mengalami kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan operasi. Sehingga subjek tersebut berada dalam kategori tinggi. subjek 2 (NA) diperoleh informasi bahwa siswa tersebut tidak mengalami kesalahan prinsip dan kesalahan operasi. Sehingga subjek tersebut berada dalam kategori sedang. Dan subjek 3 (Mr) diperoleh informasi bahwa siswa tersebut mengalami kesalahan konsep, prinsip dan kesalahan operasi. Sehingga subjek tersebut berada dalam kategori Rendah
Downloads
References
Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Imswatama, A. (2016). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitik bidang materi garis dan lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-12.
Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.
Novferma, N. 2016. Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3. No.1
Purwati. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sabbang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar tidak diterbitkan
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. In Pembelajaran Matematika Berbasis TIK untuk Meningkatkan Literasi Matematika: Peluang dan Tantangan: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Wijayanti, A. E. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Dua SDN Wonoplintahan II dalam Pemecahan Masalah Pembagian Bilangan Dua Angka. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Copyright (c) 2021 Ashari Najib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints