Analisis Kesalahan Siswa dalam Pengoperasian Bilangan Bulat

  • Ashari Najib Universitas Al Asyariah Mandar
Keywords: Analisis kesalahan, Operasi bilangan bulat, Pendekatan deskriptif-eksploratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kesalahan siswa dalam pengoperasikan Bilangan Bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif yang bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan pengoperasian bilangan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil penelitian tentang deskripsi Analisis Kesalahan Siswa dalam Pengoperasian Bilangan Bulat pada siswa Kelas VII  SMP Negeri 1 Binuang dengan deskripsi kuantitatif. menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar peserta didik Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal materi  Bilangan Bulat dengan nilai rata-rata sebesar 73,2 dengan rentang skor  60 yang berarti hasil belajar matematika peserta didik kelas tersebut mulai dari 40 - 100. Median yaitu 75 dan  modus atau frekuensi tertinggi yaitu 70. jumlah peserta didik yang belum tuntas belajar sebanyak 11 orang atau 44% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 14 orang atau 56%.  pengoperasian bilangan bulat untuk subjek 1 (Nf) diperoleh informasi bahwa siswa tersebut tidak mengalami kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan operasi. Sehingga subjek tersebut berada dalam kategori tinggi. subjek 2 (NA) diperoleh informasi bahwa siswa tersebut tidak mengalami kesalahan prinsip dan kesalahan operasi. Sehingga subjek tersebut berada dalam kategori sedang. Dan subjek 3 (Mr) diperoleh informasi bahwa siswa tersebut mengalami kesalahan konsep, prinsip dan kesalahan operasi. Sehingga subjek tersebut berada dalam kategori Rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badjeber, Rafiq. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Ki Hajar Dewantoro SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Hubungan Antar Sudut. Skripsi Tidak Diterbitkan. Palu: FMIPA UNTAD.

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Imswatama, A. (2016). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitik bidang materi garis dan lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-12.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.

Novferma, N. 2016. Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3. No.1

Purwati. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sabbang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar tidak diterbitkan

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. In Pembelajaran Matematika Berbasis TIK untuk Meningkatkan Literasi Matematika: Peluang dan Tantangan: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Wijayanti, A. E. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Dua SDN Wonoplintahan II dalam Pemecahan Masalah Pembagian Bilangan Dua Angka. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Published
2021-01-31
How to Cite
NajibA. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pengoperasian Bilangan Bulat. SAINTIFIK, 7(1), 45-51. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i1.273