Rekonstruksi Media Interaktif Berbasis Kartun pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA

  • Heny Ekawati Haryono Universitas Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Penelitian pengembangan, Model Borg dan Gall, Media interaktif berbasis kartun

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuannya untuk menghasilkan produk  dan mengetahui kelayakan media interaktif berbasis kartun pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model prosedural dengan mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi berupa angket (kuesioner) menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis kartun yang dikemas dalam bentuk CD pembelajaran dan dapat dioperasikan dilaptop atau computer. Hasil validasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan media pengembangan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi suhu dan kalor kelas XI SMA.

References

Alwi, S. 2017. Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Jurnal- Jurnal Ilmu Pendidikan (Itqan), Vol. 8, No.2.

Arda, Saehana, & Darsikim. 2015. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputer untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-Jurnal Mitra Sains, Vol. 3, No. 1

Atun. S.R. 2016. Media Development of Science Cartoon in Subject of Magnetic Force for Fifth Grade Class of SD Negeri 1 SekarSuli. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1.

Ditama, Saputro, & Catur. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Progam Adobe Flash untuk pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 4 No. 2,

Ekayani, P,N. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. NiluhPutuYani.Artikel.

Fitri & Agus. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Kemapuan Menulis Cerita Anak. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, Vol. 10. No.1,

Husein, Herayanti, & Gunawan. 2015. Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 1. No 3

Putra. I.A, & Sujarwanto.E. 2017. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik melalui bahan ajar Multimedia Interaktif Alat Ukur dan Pengukuran dengan Pendekatan Behavioristik. Momentum : Physics Education Journal, Vol. 1, Vol. 2, 91-102.

Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:Kaukaba. Dipantara

Setyorini. Patonah. & Murniati. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Moodle, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7. Vol.7, No.2, 156-160,

Sudiantini & Shinta . 2018. Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, JPPM. Vol. 11. No.1.

Sugiono. 2012. Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Alfabeta. Bandung.

Sukanta, Ahmad, & Aisyah. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun terhadap terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada Materi Lingkungan Hidup dan Pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Swarnabhumi, Vol. 2, No. 1.

Tarigan, & Siagian. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. Vol.2, No. 2

Yulianti, Herkulana, & Achmadi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol.4 No.1
Published
2020-01-27
How to Cite
HaryonoH. E. (2020). Rekonstruksi Media Interaktif Berbasis Kartun pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA. SAINTIFIK, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i1.244