Integrasi Kegiatan Self-diagnosis pada Pembelajaran Hukum Pascal Menggunakan Pendekatan STEM

  • Hannah Siti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Irma Rahma Suwarma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Jauhari Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Self-diagnosis, STEM, Hukum pascal

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika dan self-diagnosis peserta didik menggunakan pendekatan STEM pada kelas XI SMA materi hukum pascal. Desain penelitian one-group pretest-posttest dengan sampel 30 orang siswa. Berdasarkan hasil temuan, terdapat peningkatan penguasaan konsep [<g> = 0,51] dari pre-test ke post-test. Pada kegiatan self-diagnosis diidentifikasi bahwa terdapat perbedaan skor [z = 1,75; p = 0,9599] siswa hasil penilaian peneliti dan hasil self-scoring. Diagnosa diri yang lebih mendalam memicu serangkaian langkah implisit yang mendorong mereka untuk mengatur kembali kognisi mereka dengan cara memperbaiki letak kesalahan yang mereka lakukan. Sehingga kegiatan pembelajaran pendekatan STEM yang melibatkan aktivitas self-diagnosis dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djarwanto, PS., 1987, Statistik Sosial Ekonomi: Edisi pertama, Yogyakarta, BPFE

Eva, W., 2018, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SM, Inovasi Pendidikan Fisika Vol.07. 2302-4496.

Hake, R. R., 1998, Interactive-engagement vs. traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66, 64–74. DOI: https://doi.org/10.1119/1.18809

OECD., 2016, Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2015, Online: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf. [diakses: 02 Januari 2020]

Safadi, R., 2018, Knowledge-integration processes and learning outcomes associated with a self-diagnosis activity: The case of 5th-graders studying simple fractions. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(5), 929–948. DOI: https://doi.org/10.1007/s10763-017-9798-2

Safadi, R., & Saadi, S, 2019, Learning from Self-Diagnosis Activities when Contrasting Students’ Own Solutions with Worked Examples: the Case of 10th Graders Studying Geometric Optics. Research in Science Education (1-24). DOI: https://doi.org/10.1007/s11165-018-9806-8

Sugiyono., 2013, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Suminten, Nyai., 2015, Penerapan Strategi Pembelajaran Relating-Experiencing-Apllying-Cooperating-Transferring (REACT) menggunakan Pendekatan Indkuiri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika siswa, Online : repository.upi.edu. [diakses: 12 Januari 2020]

Published
2020-01-30
How to Cite
Siti, H., Suwarma, I. R., & Jauhari, A. (2020). Integrasi Kegiatan Self-diagnosis pada Pembelajaran Hukum Pascal Menggunakan Pendekatan STEM. SAINTIFIK, 6(1), 14-21. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i1.241