Penggunaan Smartphone sebagai Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Pada Mata Kuliah Matematika Dasar

  • Gilang Ary Sandy STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Sulistyahadi Sulistyahadi
Keywords: Bahan ajar elektronik, Mobile learning, Smartphone

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar elektronik untuk melihat penguasaan penggunaan teknologi mahasiswa dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan pembelajaran matakuliah matematika dasar. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan desain 4D, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate yang dibatasi sampai tahap develop. Tahap pengembangan dilakukan validasi bahan ajar kemudian uji terbatas dan uji luas. Sampel dalam uji terbatas dan uji luas adalah Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Manokwari. Semua hasil penilaian yang diperoleh dari mahasiswa dianalisis dengan skoring menggunakan angket. Angket respons terhadap penggunaan produk memiliki empat pilihan jawaban sesuai konten pertanyaan, misalnya “sangat menarik”, “menarik”, “kurang menarik”, dan “tidak menarik”. Masing-masing pilihan jawaban memiliki skor berbeda yang mengartikan tingkat kesesuaian produk bagi pengguna. Hasil dari skor penilaian tersebut kemudian dicari rata-ratanya dari sejumlah subyek sampel uji coba dan dikonversikan ke pernyataan penilaian untuk menentukan tingkat kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan bahan ajar elektronik yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dwiyogo, Wasis D. 2013. Media Pembelajaran. Malang: Wineka Media.

Jazulil, M., Azizah, F. L., dan Meita, M. N., 2017. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA (online), volume 7, No.47, diakses 20 Agustus 2018

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran: Toeori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sungkono. 2003. Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Makalah

Yogyakarta: FIP UNY

Published
2020-01-30
How to Cite
Ary SandyG., & SulistyahadiS. (2020). Penggunaan Smartphone sebagai Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. SAINTIFIK, 6(1), 22-30. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i1.237