Komposisi Kimia Batu Kapur Alam dari Indutri Kapur Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara

  • Megawati Megawati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Halu Oleo
  • Laode Abdul Kadir Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Batu kapur, CaCO3, Kolaka, Kalsium Karbonat

Abstract

Potensi sumber daya mineral kabupaten Kolaka hampir tersebar diseluruh kecamatan. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa perusahaan tambang yang beroperasi di kabupaten Kolaka. Salah satu mineral yang ada di kabupaten Kolaka adalah batu kapur atau yang biasa dikenal dengan istilah batu gamping. Batu kapur ialah jenis batuan sedimen yang umumnya mengandung senyawa karbonat terutama Kalsium Karbonat (CaCO3). Pada umumnya batu kapur diolah untuk bahan campuran bangunan, industri, serta bahan kimia  bagian sektor katalis. Analisis komposisi batu kapur dari kabupaten Kolaka telah dilakukan dalam penelitian ini. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas batu kapur alam Kolaka agar kedepannya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Hasil analisis menggunakan X-Ray Fluorescence (XRF) menunjukkan komposisi mineral yaitu CaO, CaCO3 , Al2O3, SiO2, CaO, Fe2O3, MgO , Cr2O3 , Fe2O3K2O, MnO, Na2O, P2O5ZnO,  SOdan TiO2.

References

Lailiyah, Q., Baqiya, M., Darminto.(2012). PengaruhTemperaturdanLajuAliran Gas CO2 padaSintesisKalsiumKarbonatPresipitatdenganMetode Bubbling.JurnalSainsdanSeniITS, Vol. 1, No. 1 ISSN: 2301-928X. Surabaya: ITS.

Lukman, M., Yudyanto.,Hartatiek. 2012. Sintesis Biomaterial Komposit CaO-SiO2 Berbasis Material Alam (BatuanKapur Dan PasirKuarsa) DenganVariasiSuhuPemanasan Dan PengaruhnyaTerhadapPorositas, Kekerasan Dan Mikrostruktur.Journal Sains Vol. 2 No. 1. Malang: UM.

Novianti, Jasrudin, dan E. H. Sujiono, 2015, Karakterisasi Kalsium Karbonat (Ca(Co3)) Dari Batu Kapur Kelurahan Tellu Limpoe Kecamatan Suppa, JurnalSainsdanPendidikanFisika. Jilid 11, Nomor 2, hal. 169 – 172

Sucipto,E.2007.Hubungan Pemaparan Pertikel Debu pada Pengolahan Batu Kapur Terhadap Penurunan Kapasitas Fungsi Paru. Semarang: Universitas Diponegoro.

Suhardin, A., M.S. Ulum, dan D. Darwis, 2018, Penentuan Komposisi Serta Suhu Kalsinasi Optimum CaO Dari BatuKapur Kecamatan Banawa, Natural Science: Journal of Science and Technology , Vol 7 (1) : 30 – 35.
Published
2019-07-24
How to Cite
MegawatiM., AlimuddinA., & Abdul KadirL. (2019). Komposisi Kimia Batu Kapur Alam dari Indutri Kapur Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 5(2), 104-108. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i2.230