Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Yapim Maros Pada Mata Kuliah Evolusi

  • Jirana Jirana Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Mohammad Amin FMIPA Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang
  • Endang Suarsini FMIPA Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang
  • Betty Lukiati FMIPA Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang

Abstract

Mata kuliah evolusi merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa, sulitnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep evolusi disebabkan oleh beberapa masalah sehingga perlu dilakukan beberapa observasi terhadap komponen-komponen dalam proses pembelajaran Evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Berpikir mahasiswa terhadap Mata Kuliah Evolusi di Universitas Sulawesi Barat Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara penyebaran angket dan pemberian tes untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang konsep evolusi. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap mahasiswa STKIP Yapim Maros Program Pendidikan Biologi dengan 36 orang responden menunjukkan bahwa Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Yapim Maros. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir mahasiswa biologi STKIP Yapim Maros terhadap mata kuliah Evolusi masih rendah. Oleh karena itu perlu dilakukanpembenahan dalam penelitian lanjutan.
Kata kunci: Berpikir Kritis, Evolusi, Pembelajaran
Published
2019-02-04
How to Cite
JiranaJ., AminM., SuarsiniE., & LukiatiB. (2019). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Yapim Maros Pada Mata Kuliah Evolusi. Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 5(1), 8-13. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.192