Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Setting Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Scientific
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika setting koopertaif tipe group investigation dengan pendekatan scientific yang valid. Desain penelitian yang digunakan yaitu modifikasi dari research and development (R&D) model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Krieteria yang digunakan untuk mengukur kualitas digunakan kriteria yaitu intrumen lembar validasi yang mengaju pada model penilaian dua orang pakar untuk penilaian validitas isi Greogory (Ruslan, 2009). Hasil dari penelitian ini berupa produk, yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), (3) Buku Siswa, (4) Tes Hasil Belajar, (5) Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, (6) Lembar Pengamatan Aktivitas Guru dan (7) Angket Respon siswa dalam pembelajaran matematika secara keseluruhan telah memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil penilaian dua orang ahli/pakar perangkat pembelajaran matematika setting kooperatif tipe group investigation dengan pendekatan scientific dengan kesahihan yang diperoleh 0.96 atau 96% yang berarti bahwa penilaian kedua validator memiliki relevansi kuat lebih dari 75% sehingga dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika sudah dapat digunakan.Kata kunci : Kooperatif, Group Investigation, Pendekatan Scientific
Downloads
Copyright (c) 2018 Nursakiah Nursakiah, Ikhbariaty Kautsar Qadry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints