Analisis Kesalahan Matematika Dikaitkan Met-Before Siswa pada Operasi Penjumlahan Pecahan Bentuk Aljabar

  • Herna Herna Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan terhadap siswa SMP kelas VIII dan bertujuan untuk menganalisi kesalahan matematika dikaitkan dengan met-before dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan pecahan bentuk aljabar. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah dan sedang melakukan kesalahan prosedural dan konseptual dalam mengkonstruksi konsep penjumlahan pecahan bentuk aljabar. Pada siswa berkemampuan rendah, penyebabnya adalah tidak ada kesesuaian antara met-before siswa dengan masalah, dan pemahaman siswa terhadap pengetahuan terkait met-beforenya masih banyak yang salah. sedangkan siswa berkemampuan penyebabnya adalah met-before siswa belum cukup untuk mengkonstruksi konsep tersebut, dan pemahaman terhadap pengetahuan terkait met-before siswa masih ada yang salah. Siswa berkemampuan tinggi memiliki met-before yang lengkap, pemahaman yang benar, dan sesuai untuk mengkonstruksi konsep penjumlahan pecahan bentuk aljabar, tetapi belum mampu mengaitkan konsep pecahan senilai dengan masalah.
Kata kunci: kesalahan matematika, met-before, operasi pecahan bentuk aljabar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-14
How to Cite
Herna, H. (2018). Analisis Kesalahan Matematika Dikaitkan Met-Before Siswa pada Operasi Penjumlahan Pecahan Bentuk Aljabar. SAINTIFIK, 4(2), 123-132. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i2.177