Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif fisika peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Campalagian sebelum dan setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer. Jenis penelitian yang dipilih adalah Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk penilaian model pembelajaran, tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif fisika, lembar observasi sikap untuk hasil belajar afektif dan lembar observasi praktikum untuk hasil belajar psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk penilaian model pembelajaran, hasil belajar kognitif fisika, hasil belajar afektif, hasil belajar psikomotorik dan analisis inferensial untuk hasil belajar kognitif fisika. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif fisika peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Campalagian sebelum dan setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, Model pembelajaran think pair share, Teknik advance organizer, Hasil belajar fisika
Downloads
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints