Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Formal terhadap Keterampilan Generik Sains Peserta Didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan, tidak terdapat perbedaan keterampilan generik sains pada kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning; (2) Tidak terdapat perbedaan yang keterampilan generik sains antara kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning, pada kelompok peserta didik yang memiliki penalaran formal tinggi; (3) Tidak terdapat perbedaan keterampilan generik sains antara kelompok peserta didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pembelajaran Discovery Learning, pada kelompok peserta didik yang memiliki penalaran formal rendah; dan (4) terdapat interaksi antara pembelajaran kontektual dan penalaran formal terhadap keterampilan generik sains peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 24 Makassar.Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Penalaran Formal, Keterampilan Generik Sains, pembelajaran Discovery Learning.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2016-07-02
How to Cite
Mutmainna, M. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Formal terhadap Keterampilan Generik Sains Peserta Didik SMP Islam Al Azhar 24 Makassar. SAINTIFIK, 2(2), 147-157. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.160
Section
Articles
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints