Penerapan Model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Amran Yahya
  • Nur Wahidah Bakri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD
dengan pendekatan matematika realistik di kelas VIIA semester gasal Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan
menerapkan model pembelajaran Kooperative Tipe STAD dengan pendekatan matematika
realistik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Tinambung. Teknik
pengumpulan data penelitian hasil belajar siswa dilakukan dengan mengunakan tes sedangkan
aktivitas belajar siswa mengunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif yakni menjelaskan arah perubahan peningkatan hasil belajar siswa
dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan matematika
realistik. Dari analisis data dengan penerapan model pembelajaran Kooperative Tipe STAD
dengan pendekatan matematika realistik, Pada siklus I rata-rata keterlaksanaan pembelajaran
sebesar (70,00%), rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar (57,89%), serta diperoleh skor ratarata
hasil belajar siswa sebesar 67 dan pada siklus II rata-rata keterlaksanaan pembelajaran
sebesar (95,00%), rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar (86,87%), serta deperoleh skor ratarata
hasil belajar siswa sebesar 80, dari data tersebut terlihat bahwa terdapat peningkatan
keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar (25,00%), terjadi peningkatan
aktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II sebesar (28,95%), serta peningkatan ketuntasan
belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar (23,81%). Pada siklus II ini telah tercapai
indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan, jika paling sedikit 70% dari jumlah siswa dalam
kelas telah mencapai ketuntasan ≥ 70% tujuan pembelajaran. Hasil penelitian ini membuktikan
bahwa penerapan model pembelajaran Kooperative Tipe STAD dengan pendekatan matematika
realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP
Negeri 3 Tinambung.
Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Pendekatan matematika realistik, Aktivitas siswa,
Keterlaksanaan pembelajaran, Hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-01
How to Cite
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2017). Penerapan Model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. SAINTIFIK, 3(2), 171-181. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i2.157