Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Tinambung

  • Nurmiati Nurmiati
  • Winda Hartati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik (berupa nilai pretest dan posttest) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tinambung, dengan memberikan perlakuan menggunakan pendekatan Group Investigation (GI) pada pokok bahasan sistem pencernaan. Hasil penelitian dengan judul Pengaruh metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tinambung. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,13 dan rata-rata posttest sebesar 70,86. Data hasil perhitungan nilai N-Gain juga menunjukkan rata-rata nilai N-Gain untuk kelas eksperimen 0,41 yaitu 1,78 dan untuk kelas kontrol yaitu 0,30. Dengan 0,31 dan nilai = 0,05 yang menunjukkan bahwa asymp sig lebih kecil dari nilai α (0,000< 0,05) maka H0 ditolak. Data tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh pendekatan metode Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Pembelajaran Koperatif, Group Investigation (GI), hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-01
How to Cite
Nurmiati, N., & Hartati, W. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Tinambung. SAINTIFIK, 3(2), 117-127. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i2.151