Pematematikaan Horizontal Siswa SMP pada Masalah Perbandingan

  • Herna Herna
  • Ana Muliana

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan pada siswa kelas VII di SMPN 4 Tinambung, Sulawesi Barat. Tujuannya adalah mengkaji proses proses berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal. Penelitian ini menemukan bahwa karateristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal pada masalah perbandingan meliputi aktivitas modeling dan intertwining. Aktivitas modeling dilakukan dengan menggunakan kata-kata yakni, menyederhanakan soal dengan memperhatikan gambar, kemudian mengaitkan gambar dan keterangan gambar pada soal sehingga diperoleh model soal realistik. Aktivitas intertwining dilakukan dengan mengaitkan soal realistik dengan model yang diperoleh dari soal untuk mengetahui strategi yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya, siswa mengaitkan situasi dunia nyata dengan konsep matematika, mengaitkan situasi dunia nyata yang satu dengan situasi dunia nyata yang lain, dan mengaitkan konsep matematika yang satu dengan konsep matematika yang lain dalam menjalankan strategi penyelesaian soal.
Kata kunci: pematematikaan horizontal, modeling, intertwining, scaffolding

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-01
How to Cite
Herna, H., & Muliana, A. (2017). Pematematikaan Horizontal Siswa SMP pada Masalah Perbandingan. SAINTIFIK, 3(2), 98-105. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i2.149