Deskripsi Kemampuan Membuat Soal Interaktif Mahasiswa Calon Guru di STKIP-PI Makassar

  • Khadijah Khadijah
  • Wiwik Wiji Astuti
  • Fandi Ahmad

Abstract

Tujuan kegiatan ini yaitu hendak mengupayakan pengembangan keterampilan dan kemampuan
professional guru dalam mengembangkan soal interaktif sebagai upaya peningkatan kualitas
pendidikan di era teknologi seperti sekarang ini. Materi pembelajaran yang disajikan tidak
lengkap tanpa adanya soal-soal latihan, untuk memastikan bahwa soal yang diberikan dikerjakan
langsung oleh siswa tanpa menyontek dan agar siswa dapat menilai dirinya sendiri maka
sebaiknya soal diberikan dengan menggunakan teknologi yang interaktif. Belum adanya
keterampilan pembuatan soal dengan teknologi yang interaktif bagi mahasiswa calon guru di
kampus mitra menjadi pendorong pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Untuk itu, kegiatan ini
akan memberikan pelatihan pembuatan soal interaktif, agar nantinya mahasiswa calon guru di
kampus mitra mampu membuat sendiri soal yang bersifat interaktif. Metode penyajian materi dan
praktikum pelatihan yaitu metode ceramah dan diskusi tanya jawab. Hasil yang dicapai berupa
pengetahuan cara mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan penggunaan teknologi yaitu
dengan melibatkan tampilan yang menarik dari suatu aplikasi komputer, meningkatnya
kemampuan dan keterampilan mahasiswa calon guru dalam membuat soal interaktif. Hal
tersebut tampak dari hasil kerja mandiri peserta dalam menghasilkan soal interaktif yang
menarik. Hasil kegiatan juga berupa antusiasme dan semangat peserta pelatihan yang tampak
dari kehadiran peserta dan ketertarikan untuk lebih mendalami materi. Pemahaman dan
keterampilan pembuatan soal interaktif juga cukup tinggi yang tampak dari penguasaan langkah
pembuatan dan kreasi tampilan soal interaktif.
Kata Kunci: Soal Interaktif, teknologi pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-07
How to Cite
Khadijah, K., Astuti, W. W., & Ahmad, F. (2017). Deskripsi Kemampuan Membuat Soal Interaktif Mahasiswa Calon Guru di STKIP-PI Makassar. SAINTIFIK, 3(1), 69-76. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.112