Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP

  • Nenny Indrawati

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan ujicoba terbatas yang
bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistik dalam
model pembelajaran berbasis masalah yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri
2 Makassar. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
Thiagarajan atau model 4-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, telah divalidasi, dan
mengalami revisi sebanyak 2 kali sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk
digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika
dengan pendekatan realistik dalam model pembelajaran berbasis masalah bersifat efektif dan
praktis, yaitu (1) skor rata-rata siswa pada tes hasil belajar yaitu 70,52 dari skor ideal 100
dengan standar deviasi 15,91 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 70,00% atau 28 orang;
(2) aktivitas siswa dan aktivitas guru menunjukkan kecenderungan yang positif; (3) pengelolaan
kegiatan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual umumnya terlaksana dengan
baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan aspek-aspek sebesar 87,5%; dan (4) umumnya
siswa memberikan respons positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan dengan
persentase sebesar 90,00%.
Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Masalah,
Pendekatan Realistik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-07
How to Cite
Indrawati, N. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP. SAINTIFIK, 3(1), 56-68. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.111