Efek Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal dengan Melibatkan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN 349 Binamu Jeneponto

  • Andi Patimbangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonal
secara langsung atau tidak langsung yang melalui metakognisi terhadap hasil belajar
matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas.
Penelitian ex-post facto disini dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat
antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Binamu Jeneponto. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah sampel acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan membagikan angket dan tes hasil belajar kepada responden yang dipilih
sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
teknik analisis statistik inferensial menggunakan AMOS 20. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) terdapat pengaruh positif secara langsung maupun secara tidak langsung yakni
melalui kemampuan metakognisi antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar
matematika, (2) terdapat pengaruh positif secara langsung maupun secara tidak langsung yakni
melalui kemampuan metakognisi antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar
matematika, (3) terdapat pengaruh positif secara langsung maupun secara tidak langsung yakni
melalui kemampuan metakognisi kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal
terhadap terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 349 Binamu.
Kata kunci: Kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kemampuan metakognisi,
hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-07
How to Cite
Patimbangi, A. (2017). Efek Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal dengan Melibatkan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN 349 Binamu Jeneponto. SAINTIFIK, 3(1), 31-42. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.109