Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kemandirian belajar terhadap pencapaian hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah survei. Dalam penelitian ini, kemandirian belajar dijadikan sebagai variabel bebas, sementara hasil belajar berfungsi sebagai variabel terikat. Subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X yang tersebar dalam tujuh kelas dengan total sebanyak 238 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode multi tahap dengan teknik pengacakan secara acak (multi stage random sampling), sehingga diperoleh lima kelas sebagai sampel, yaitu kelas X.1, kelas X.2, kelas X.4, kelas X.6, dan kelas X.7. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan teknik statistik deskriptif serta statistik inferensial. Melalui analisis deskriptif yang dilakukan, diketahui bahwa tingkat kemandirian belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, demikian pula dengan hasil belajar fisika. Sementara itu, hasil pengujian inferensial mengungkapkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar fisika. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar dapat dilakukan melalui upaya penguatan kemandirian dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Arum Rovita, Afri Mardicko, Fadilla Dwi Nurlaila, Della Lovita, & Ibnu Salim Alhayu. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(11).
Asep, S.E. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7. 186-187.
Bahar, E. E., & Juhrianto. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMAN 11 Pinrang. Jurnal Nalar Pendidikan, 10(2), 119–126.
Kurniati, R., & Sugiarto, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Pemrograman Mahasiswa Kepulauan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 5935.
Rijal, S., & Bachtiar, S. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20
Siagian, H., Jusat Pangaribuan, J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 528.
Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 215–226.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yanti Riyanti, Wahyudi Wahyudi, & Suhartono Suhartono. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), 4101–4108
Zurahmah, Z., & Isnaniah, I. (2023). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2022/2023. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2).
Copyright (c) 2025 Wilda Wijayani Pamangin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints