Analisis Kemampuan Berpikir Keritis Siswa Sma Negeri 1 Lalolae Dalam Pembelajaran Biologi

  • Erfina Erfina Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Miswandi Tendrita Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi

Abstract

Kemampuan untuk berpikir kritis dapat dianggap sebagai keterampilan yang sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Berpikir kritis adalah keterampilan yang dipelajari yang membutuhkan waktu dan latihan. Kemampuan ini tidak dibawa sejak lahir atau diturunkan. Kemampuan untuk berpikir secara kritis, reflektif, sistematis, dan konstruktif untuk membuat pilihan dan kesimpulan yang rasional dikenal sebagai berfikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa dinilai dalam penelitian ini. Studi ini meneliti siswa MIA 1 kelas XI di SMA Negeri 1 Lalolae. Berdasarkan hasilnya, analisis kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Lalolae menunjukkan bahwa indikator Memberikan Penjelasan Sederhana menerima skor tertinggi, yaitu 67%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Indikator Membangun Keterampilan Dasar juga menerima skor tertinggi, yaitu 52%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Temuan penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang tingkat kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa, guru, dan orang-orang yang mengelola sekolah. Berdasarkan hasilnya, analisis kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Lalolae menemukan bahwa indikator Memberikan Penjelasan Sederhana menerima skor tertinggi, yaitu 67%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Indikator Membangun Keterampilan Dasar juga menerima skor tertinggi, yaitu 52%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Temuan penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang seberapa baik guru, pengelola sekolah, dan siswa berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agboeze, Matthias U and Ugwoke, Ernes. 2013. Enhancement of Critical Thinking Skills of Vocational and Adult Education Students for Entrepreneurship Development in Nigeria. Journal of Education and Practice. Vol.4 (17). ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online)
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Cheong, C.M dan Cheung, W.S. 2008. Online Discusion and Critical Thingking Skills: A case study in a Singapore Secondary School. Australian Journal of Educational Technology. 24(5): 556-557
Ennis, Robert H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Diakses pada http:// faculty.ed.uiuc.edu/rhennis. Facione, N.C, & Facione,P.A 2010. Externalizing, The Critical Thinking in Knowledge Development and Clinical Judgment. Nursing Outlook.
Desi Nuzul Agnafia Hallatu, Y., Prasetyo, K. Haidar. A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MA BPD Tentang Konflik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34 (2): 183190.
Handriani, Lia., Harjono, A., dan Doyan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3):210-219.
Hendra, S. (2013). Belajar Orang Genius. Jakarta: Gramedia Hayudiyani, M., Arif, M., dan Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Tkj Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1) :20-31.
Iavokos, Tsiplakides. (2011). Critical and Creative Thinking in the English Language Classrom, International Journal of Humanities and Social Science. 1(8): 82-86.
Kazempour, E. (2013). The Effect of Inquiry Based Teaching on Critical Thinking of Students, Journal of Social Issues and Humanities. 1(3)23-27.
Kivunja, Charles. (2015). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21 Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education. 4(1): 2-11.
Koasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Paul, R. (1993). Critical Thinking: What Every Person Needs to Survive in a Rapidly Changing World. Retrieved from http://www.criticalthinking.org/pages/richard-paulanthology/1139 Paul ,R. &Elder, L. (1997). The Elements of Reasoning.
Rizky, I. (2014). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran (Video) Pada Materi Minyak Bumi. Skripsi dipublikasikan. Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah.
Saptono. 2011. Strategi Pembelajaran Biologi. Semarang:Unnes Press.
Winarsih,Y., Akhidinirwanto, R. W., & Ngazizah, N. (2014). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Kelas VIII B MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Poncowarno. Jurnal Radiasi, 4 (1), 69
.
Published
2024-07-31
How to Cite
Erfina, E., & Tendrita, M. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Keritis Siswa Sma Negeri 1 Lalolae Dalam Pembelajaran Biologi. SAINTIFIK, 10(2), 208 - 213. https://doi.org/10.31605/saintifik.v10i2.530