Analisis Kinerja Praktikum Rangkaian Listrik Mahasiswa Calon Guru IPA Universitas Negeri Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa tinggi tingkat kinerja praktikum merangkai rangkaian listrik mahasiswa calon guru IPA UNM. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan IPA dari 4 kelas yang berbeda berjumlah 106 mahasiswa. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin secara Random Sampling dengan minimal sampel adalah 84. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kinerja praktikum. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengamatan kepada sampel yang diisi pada lembar observasi kinerja praktikum berdasarkan rubrik penilaian. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai ketercapaian kinerja praktikum adapun hasil yang diperoleh: bahwa kinerja praktikum mahasiswa calon guru IPA Universitas Negeri Makassar berada pada kategori baik dengan nilai 74,8.
Downloads
References
Azzahra, W., & Suprianto, B. (2023). Evaluasi Desain Kegiatan Praktikum Materi Transpor Zat dan Implementasi Hasil Rekonstruksi Pada Kurikulum Merdeka. Best Journal , 6 (1).
Eliaumra, Gala, I. N., & Rurua, S. F. (2021). Kemampuan Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran dan Evaluasi Berbasis Praktikum. Kependidikan , 14 (1).
Febiana, A. A., Insania, T, N., Kurnia, N. A., Wahyu, K. (2023. Pembelajaran Rangkaian Seri dan Paralel di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 269-275. : https://doi.org/10.62017/jpmi
Jumaini. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Pada Praktikum Kimia SMA/MA Kelas XI Materi Pokok Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Berdasarkan Standar Isi 2006 . Disertasi .
Larasati, A. R., Sofia, H, M. E., & N, E. (2022). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Green Chemistry Materi Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi. Prosiding Seminar Nasional Kimia .
Rahayu, S., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2019). Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa SMP N 1 Sakra Lotim. Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia .
Saepuzaman, D., Syakti, P. S., Saeful, K. (2019). Redesain Lembar Aktivitas Mahasiswa Berdasarkan Analisis Kesulitan Mahasiswa pada Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah pada Perkuliahan Fisika Dasar. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1).
Sayekti, I. C., Rini, I. F., & Hardiyansyah, F. (2019). Analisis Hakikat IPA Pada Buku Siswa Kelas IV Sub Tema 1 Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar , 6 (2): 34-42. ISSN 2580-3107.
Vari, Y. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA , 11 (2).
Wijayanti, S. I., Akhirudin, M., Intanawati, & Cahyaningsi, A. (2022). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Dalam Merangkai Listrik Seri dan Paralel Pada Sebuah Denah Rumah. Journal of Lesson Study and Teacher Education .
Wola, B. R., Rungkat, J. A., & Harindah, G. M. (2023). Science Process of Prospective Science Teacher's in Practicum Activity at the Laboratory. Inovasi Pendidikan IPA , 9 (1).
Copyright (c) 2024 Arie Arma Arsyad, Aryananda Joloen Surya, Hasanuddin Hasanuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints