Kelayakan Media Herbarium Tumbuhan Obat Di Desa Sumber Jaya Kecamatan Lalembuu Pada Submateri Plantae

  • Septi Andriyani Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Jumarddin La Fua Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Balda Balda Institut Agama Islam Negeri Kendari
Keywords: Tumbuhan Obat, Herbarium, Obat Tradisional, Media Herbarium, Kecamatan Lalembuu

Abstract

Pemanfatan tumbuhan sebagai obat tradisional masih dilakukan hingga saat ini. Salah satu daerah yang masih melestarikan tradisi orang tua zaman dahulu yaitu Desa Sumber Jaya dengan keragaman suku yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pemanfaatan media pembelajaran herbarium tumbuhan obat dalam pembelajaran biologi yang digunakan dalam materi plantae. Herbarium merupakan spesimen tumbuhan yang telah dimatikan dan diawetkan melalui metode tertentu. Herbarium biasanya dilengkapi dengan data-data mengenai tumbuhan yang diawetkan, baik foto asli tumbuhan, awetan tumbuhan, label klasifikasi tumbuhan dan keterangan manfaat dari tumbuhan. Ada beberapa tahapan dari pembuatan herbarium dimulai dari pengumpulan tanaman (diusahakan spesimen lengkap), membersihkan tanaman dengan kuas dan alkohol 70%, pengeringan tanaman, pengawetan dan penyusunan herbarium. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Lokasi yang digunakan sebagai tempat pengumpulan sampel di Desa Sumber Jaya Kecamatan Lalembuu. Hasil penelitian etnobotani tersebut kemudian diimplementasikan dalam bentuk media herbarium. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan data hasil penilaian kelayakan media herbarium yang dilakukan oleh dua orang validator, dari hasil uji didapatkan kategori media “sangat baik” sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, R. 2011. Krelatif Melngelmbangkan Meldia Pelmbellajaran. Jakarta: Gaung Pelrsada Prelss.

Aziz, I. R., Raharjelng, A. R. P., & Susilol, S. (2018). Pelran Eltnolboltani Selbagai Aziz, Isna Rasdianah, Anita R. P. R. & Susilol. (2018). Pelran Eltnolboltani Selbagai Upaya Kolnselrvasi Kelanelkaragaman Hayati Ollelh Belrbagai Suku di Indolnelsia. Prolsiding Selminar Nasiolnal Melgabioldivelrsitas Indolnelsia. h. 55-56.

BM, M. S. (2013). Pelngelmbangan Meldia Aweltan Polrifelra untuk Pelmbellajaran Biollolgi Kellas X. BiolEldu, 2(1), 19-22.

Felbriani, N., Yellianti, U., & Gardjitol, G. (2013). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Belrupa Aweltan Daun Untuk Mata Kuliah Struktur Tumbuhan pada Proldi Pelndidikan Biollolgi. Prolsiding SElMIRATA 2013, 1(1). h. 159-160.

Helrnani, Yuliani S. (1991). Olbat-Olbat Afroldisiaka yang Belrsumbelr dari BahanAlam. Fakultas Kelhutanan IPB dan IWF. IPB: Bolgolr.

Minah, Fainnana Nilna, Mucharolmmah S. A. and, Olspa Pela Y. M. (2018). Pelngelmbangan Helrbarium Ptelridolphyta Yang Dipelrollelh Di Arela Wisata Keldung Cinelt Jolmbang Selbagai Meldia Pelmbellajaran Boltani Tumbuhan Relndah. Jolurnal olf Elducatioln and Managelmelnt Studiels. 1(2). h. 44.

Muahartati, Elrda & Azza Nuzullah Putri. (2020). Pelngelmbangan Meldia Album Helrbarium Tumbuhan Spelrmatolphyta di Wilayah Kolta Tanjungpinang. 4(2). Jurnal Peldagolgi Hayati. h. 72-73.

Relzelqi, Salwa & Dina Handayani. (2018). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Ptelridolphyta Belrbasis Helrbarium. 6(1). h. 37.

Suryani, Ikel Selrli. (2018). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Belrupa Aweltan Helrbarium Pada Matelri Ptelridolphyta Kellas X SMA Muhammadiyah Nanga Pinolh. Skripsi. Univelrsitas Muhammadiyah Polntianak. h. 13.

Sugiyolnol, (2015). Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabelt.

Sugiyolnol. (2019). Meltoldel Pelnellitian dan Pelngelmbangan Relselarch and Delvellolpmelnth. Bandung: Alfabelta. h. 2-16.

Tudjuka, Kurniawan, dkk. (2014). Kelanelkaragaman Jelnis Tumbuhan Olbat Pada Kawasan Hutan Lindung Di Delsa Tindolli Kelcamatan Pamolna Telnggara Kabupateln Polsol. WARTA RIMBA. 2(1). h. 120-121.

Published
2023-07-22
How to Cite
Andriyani, S., La Fua, J., & Balda, B. (2023). Kelayakan Media Herbarium Tumbuhan Obat Di Desa Sumber Jaya Kecamatan Lalembuu Pada Submateri Plantae. SAINTIFIK, 9(2), 173 - 179. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.437