Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi

  • Syamsiara Nur Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Mahasiswa Biologi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa pendidikan Biologi di Universitas Sulawesi Barat. Subjek dalam penelitian ini 111 mahasiswa angkatan 2021 yang belajar pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023, yang dipilih dengan menggunakan teknik purposif sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk essay sebanyak 10 item dan tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 item. Tehnik analisa data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat masih sangat rendah dengan rata-rata 47.83 dalam kategori sangat rendah. Sementara hasil belajar kognitif masih banyak mahasiswa yang memiliki nilai yang sangat rendah yaitu 27.16%. Implikasi dari penelitian ini adalah perlu diterapkan model pembelajaran yang sesuai sehingga mahasiswa terbiasa dan memiliki keterampilan berpikir kritis yang baik dan hasil belajar menjadi lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addy, T. M., LePrevost, C., & Stevenson, M. (2014). Thinking critically in undergraduate biology: Flipping the classroom and problem-based learning. Double Helix, 2, 1-9.

Aliakbari, M., & Sadeghdaghighi, A. (2011, August). Investigation of the relationship between gender, field of study, and critical thinking skill: The case of Iranian students. In Proceedings of the 16th Conference of Pan-Pacific Association of Applied Linguistics (pp. 301-310).

Anderson, L. W., & Krathwohl, R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom), terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Antika, L. T. (2015). Hubungan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model reading concept map-Think Pair Share (TPS) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Amponsah, S., Benjamin, A., & Ernest, A. (2019). Lin’s Creative Pedagogy Framework as a Strategy for Fostering Creative Learning in Ghanaian Schools. Thinking Skills and Creativity, 31(May 2018), 11–18. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.09.002

Chartrand, J., Ishikawa, H., Flander, S. (2009). Critical thinking means business: Learn to apply and develop the NEW #1 workplace skill. Pearson Education. <http://www.talentlens.com/en/downloads/whitepapers/Pearson_TalentLens_ Critical_Thinking_Means_Business.pdf>,<http://www.talentlens.com/en/downloads/whitepapers/Pearson_TalentLens_Critical_Thin> Retrieved 08.10.19.

Dinnuriya, M. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map Numbered Heads Together (Reamp NHT) Terhadap Minat Baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis & Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hart, D. (1994). Authentic Assessment: A Handbook for Educators. Assessment Bookshelf Series. Dale Seymour Publications, 10 Bank Street, White Plains, NY 10602.

Hayati, N., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Biologi berbasis Reading Concept Map Cooperative Integrated Reading and Composition (Remap CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Symbion Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 27 Agustus

Irwanto, Rohaeti, E., & Prodjosantoso, A.K. (2019). Analyzing the Relationship Pre-service Chemistry teacher’s Science Process Skills and Critical Thinking Skills. 16(3). 300-313.

Kennedy, D., Hyland, A., & Ryan, N. (2012). Writing and using learning outcomes: a practical guide. http://www.tcd.ie/teachinglearning/acdemicdevelopment/assets/pdf/Kennedy_Writing_and_Using_Learning_Outcomes. pdf

Mistianah., Corebima, A.D. Zubaidah, S. (2015). Perbedaan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi antara Siswa yang Diberi Model Pembelajaran Reading-Concept Map-Gi dengan Reading-Concept Map-Jigsaw di SMA Negeri Kota Malang, Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Symbion Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 27 Agustus

NEA. (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs”. USA: Great Public Schools for Every Student.

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik VoL.2 No.2, 133-141.

Pieterse, T., Lawrence, H., & Nel, H.F. (2016). Critical Thinking ability of 3rd Year Radiography Students. Health SA Geasondheid 21 381-390. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.hsag.2016.07.002

P21, P. F. (2010). 21 Century Knowledge and Skills in Educator Preparation. The American Association of Colleges for Teacher Education.

Potter, K.M., & Kustra, E. (2012). A primer on learning outcomes and the solo taxonomy. Centre for Teaching and Learning, University of Windsor. www1.uwindsor.ca/ctl/system/files/PRIMER-on-Learning Outcomes.pdf.

Rezai, S. (2011). Critical Thinking in Language Education. Journal of Language Teaching and Research, 2(4), 769-777.

Schunk. H.D. 2012. Learning Theorie. Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Edisi keenam: Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Slameto, (2003). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta :Bumi Aksara

Watson, G., & Glaser, E. M. (2012). Watson-Glaser™ Critical Thinking Appraisal User-Guide and Technical Manual. United States of America: Pearson Education Ltd.

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains dengan Tema “Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia" (pp. 1-14). Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran: Katulistiwa Sintang

Published
2023-01-28
How to Cite
Nur, S. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi . SAINTIFIK, 9(1), 115 - 120. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i1.408