Studi Literatur Analisis Pengaruh Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Nurul Hudapoti Universitas Negeri Medan
  • Kms Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan
Keywords: Kemampuan berpikir kritis, Pendekatan STEM, Studi literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil analisis studi literatur pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Jenis penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian yaitu studi literature atau studi kepustakaan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kumpulan literatur seperti jurnal penelitian yang relevan dengan topik pembahasan yang dilaksanakan di Digital Library Universitas Negeri Medan. Teknik anaslisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis di dapat bahwa: (1) Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa. (2) ada beberapa faktor yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan pendekatan STEM ((Science, Technology, Engineering and Mathematics) yaitu faktor internal meliputi kemampuan yang dimiliki siswa, motivasi dan keaktifan siswa dan faktor eksternal meliputi kondisi lingkungan belajar dan bahan ajar yang diberikan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamson, F., & Darling-Hammond, L. (2015). Policy pathways for twenty-first century skills. Assessment and teaching of 21st century skills: Methods and approach, 293-310. https://10.1007/978-94-017-9395-7_15 DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15

Ardianti, S., Sulisworo, D., Pramudya, Y., & Raharjo, W. (2020). The impact of the use of STEM education approach on the blended learning to improve student’s critical thinking skills. Universal Journal of Educational Research, 8(3B), 24-32. https://10.13189/ujer.2020.081503 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081503

Bulu, V. R., & Tanggur, F. (2021). The effectiveness of STEM-based PjBL on student’s critical thinking skills and collaborative attitude. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 219-228. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.8831 DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.8831

Chia, P. L., & Maat, S. M. (2018). An Exploratory Study of Teachers’ Attitudes towards Integration of STEM in Malaysia. International Journal of Electrical Engineering and Applied Sciences (IJEEAS), 1(1), 45–50. Retrieved from https://ijeeas.utem.edu.my/ijeeas/article/view/3904

Hanafi, A. N., (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Disposisi Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Ma Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, Program Sarjana Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Puspandari, N., & Suparman, S. (2019, January). Deskripsi Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas XII. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).

Rindawati, R., Ikhsanudin, I., & Wardah, W. (2014). An Analysis on English Textbook “Bahasa Inggris: When English Rings the Bell”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6871

Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., Pohan, N., & Zulela, M. S. (2019, March). The impacts of science, technology, engineering, and mathematics (STEM) on critical thinking in elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012156). IOP Publishing. https://10.1088/1742-6596/1175/1/012156 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012156

Smith, J., & Karr-Kidwell, P. J. (2000). The Interdisciplinary Curriculum: A Literary Review and a Manual for Administrators and Teachers.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://10.29408/jel.v7i1.3031 DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Yusuf, ilyas, Ma’rufi, & Nurdin. (2022). Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 26 - 40. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.404 DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.404

Published
2023-01-28
How to Cite
Hudapoti, N., & Fauzi, K. M. A. (2023). Studi Literatur Analisis Pengaruh Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SAINTIFIK, 9(1), 28 - 35. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i1.405