Pengembangan LKPD Interaktif pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan lembar kerja peserta didik interaktif dengan pendekatan saintifik yang valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh : (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori valid dengan rata –rata 3,6 (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori efektif dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,3% dan ketercapain indikator diatas 75% (3) Dari segi kepraktisan, diperoleh respon positif sebesar 96,47%. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Downloads
References
Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Afriyansyah, E. A., & Putri, R. I. I. (2014). Design Research: Konsep Nilai Tempat Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1857.13-24
Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Arikunto. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan : PT Rajagrafindo Persada
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 197.
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
OECD. (2016). PISA 2015 Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing
Siswono, T. Y. E. 2019. Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Cet.12 . Bandung: Remaja Rosdakarya
Copyright (c) 2023 Nurhafipah Awalia, Nurhasanah Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints