Pengembangan LKPD Interaktif pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Kelas VIII

  • Nurhafipah Awalia Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Siregar Universitas Negeri Medan
Keywords: LKPD, Pembelajaran Matematika, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan lembar kerja peserta didik interaktif dengan pendekatan saintifik yang valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh : (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori valid dengan rata –rata 3,6 (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori efektif dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,3% dan ketercapain indikator diatas 75% (3) Dari segi kepraktisan, diperoleh respon positif sebesar 96,47%. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Afriyansyah, E. A., & Putri, R. I. I. (2014). Design Research: Konsep Nilai Tempat Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1857.13-24

Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Arikunto. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan : PT Rajagrafindo Persada

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 197.

Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

OECD. (2016). PISA 2015 Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing

Siswono, T. Y. E. 2019. Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Cet.12 . Bandung: Remaja Rosdakarya

Published
2023-01-28
How to Cite
Awalia, N., & Siregar, N. (2023). Pengembangan LKPD Interaktif pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Kelas VIII. SAINTIFIK, 9(1), 158 - 164. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i1.388