Perbandingan Suction Potential dan Water Content pada Saluran Irigasi Menggunakan Dual Reciprocity

  • Jahring Jahring Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nasruddin Nasruddin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Infiltrasi, saluran periodik, metode elemen batas, dual reciprocity, irigasi jalur, suction potential

Abstract

Penelitian membahas  penerapan metode elemen batas dual-reciprocity (MEBDR) pada saluran irigasi jalur yang periodik pada tanah homogen. MEBDR merupakan salah metode numerik yang dapat menyelesaikan masalah infiltrasi stasioner pada saluran periodik pada tanah yang homogen. Beberapa penelitian sebelumnya hanya menhitung secara analisis. Oleh karena itu, MEBDR ini sangat diperlukan. Penelitian ini meruapakn penelitian studi literatur dengan menggunakan simulasi MATLAB. Dalam peneyelesaiannya dibangun dari Persamaan Richards. Persamaan Richards ini kemudian ditransformasikan menjadi Persamaan Helmholtz termodifikasi. Selanjutnya dengan DRBEM, solusi numerik dari Persamaan Helmholtz termodifikasi diperoleh. Menggunakan solusi numerik yang diperoleh, dapat dihitung nilai numerik dari suction potential dan water content. Dari beberapa saluran periodik, diperoleh saluran non-flat tanpa lapisan memiliki infiltrasi yang baik dibanding saluran flat dan non flat dengan lapisan impermeabel. Dalam hal ini saluran rectangular memiliki suction potential dan water content paling baik jika dibandingkan dengan trapezoidal dan semi circular. Karena perbedaan dari ketiga saluran tersebut tidak begitu signifikan. Jika diterapkan dalam bidang pertanian, maka akan membantu dalam meningkatkan hasil pertanian, khususnya tanaman yang menggunakan irigasi jalur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, M.I., Clements, D.L., Lobo, M., 2003, A Boundary Element Method for Steady Infiltration from Periodic Channels, ANZIAM J. 44:C61-C78.
Basha, H.A., 1999, Multidimensional Linearized Nonsteady Infiltration with Prescribed Boundary Conditions at the Soil Surface, Water Resources Research, 35(1):75-83.
Batu, V., 1977, Steady Infiltration from a Ditch; Theory and Experiment, Soil Sci, Soc, Am, j., 41:677-681.
Jahring, 2016, The Application of Dual Reciprocity Boundary Element Method for Steady Infiltration Problems in the Periodic Channel with Impermeable Layer, Journal of Math Sciences (JMS). 1.2;28-34.
Lobo, M., 2008, Boundary Element Methods for A Class of Infiltraton Problems, PhD Tesis, Adelaide University.
Solekhudin, I., Ang, K.C., 2013, A Dual-Reciprocity Boundary Element Method for Steady Infiltration Problems, ANZIAM J. 54:171-180.
Warrick, A.W., 2001, Soil Physics Companion, CRC Press LLC, Boca Raton.
Published
2019-07-24
How to Cite
Jahring, J., & Nasruddin, N. (2019). Perbandingan Suction Potential dan Water Content pada Saluran Irigasi Menggunakan Dual Reciprocity. SAINTIFIK, 5(2), 95-103. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i2.231