Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene

Miftahul Rahman, Nurfadilah Mahmud

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) yang
bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media
PowerPoint terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Majene
tahun ajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang
signifikan antara media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas X SMA Negeri 3 Majene tahun ajaran 2016/ 2017. Sampel penelitian ini
terbagi atas dua yaitu kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik
25 orang dan kelas X IPS2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 26 orang.
Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar dalam bentuk
uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif
dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang digunakan ada tiga,
yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran
powerpoint terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 3
Majene tahun ajaran 2016/2017. Hasil analisis data menggunakan uji independen
sampel t-test diperoleh nilai sig= 0,027 dengan nila ? = 0,05 yang menunjukkan bahwa
nilai ( sig= 0,027 < nilai ? = 0,05 ) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya
kontribusi atau pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap hasil
belajar matematika pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Majene adalah 33.3 %.
Kata kunci: Media Pembelajaran PowerPoint, dan Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.