PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII IPA2 SMAN 1 MAKASSAR (Studi pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan)

  • Nurhikma Ramadhana Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Penurunan Kualitas pendidikan di Indonesia mengajak kita untuk meninjau kembali mengenai aspek pendukung peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Salah satu diantaranya adalah kualitas pengelolaan pendidikan, dimana guru memiliki peran aktif dalam mengamati dan mengawasi setiap permasalahan yang terdapat di dalam kelasnya. Guru dituntut untuk senantiasa meneliti setiap tindakan yang diberikan terhadap masalah-masalah yang terjadi di dalam kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan yang diberikan yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa diamati dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan mengisi lembar observasi, yang mengacu pada sintaks inkuiri yaitu, tahap orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan pemberian evaluasi hasil belajar disetiap siklus, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada terjadi peningkatan aktivitas di setiap sintaks dalam strategi pembelajaran inkuiri. Selain itu, untuk hasil belajar ditemukan bahwa pada Siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 52,29 dari nilai ideal 100, dengan frekuensi siswa yang mencapai nilai baik sekali sangat rendah yaitu 0% atau tidak ada dari jumlah siswa sebesar 41 orang siswa. 9,76% atau 4 orang siswa termasuk dalam kategori baik, 41,46% atau 17 orang siswa dalam kategori cukup, 34,15% atau 14 orang siswa dalam kategori kurang dan 14,63% atau 6 orang siswa berada dalam kategori gagal. Sedangkan untuk Siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 64,88 dari nilai ideal 100, dengan Frekuensi siswa yang memperoleh nilai pada kategori baik sekali sebanyak 2 orang siswa atau 4,88%, sementara, 39,02% atau 16 orang siswa termasuk dalam kategori baik, 48,78% siswa dalam kategori cukup, 7,32% atau 3 orang siswa yang berada pada kategori kurang dan 0% yang berada pada kategori gagal. Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif peningkatan hasil belajar biologi siswa dari Siklus I ke Siklus II sebesar 12,59%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Makassar. Dalam penerapan strategi pembelajaran inkuiri, disarankan untuk meluangkan waktu yang lebih banyak dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk lebih berkreasi terhadap materi pelajaran yang diberikan.

Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Hasil belajar biologi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-02
How to Cite
Ramadhana, N. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII IPA2 SMAN 1 MAKASSAR (Studi pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan). SAINTIFIK, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.31605/saintifik.v1i1.73