Analisis Kualitas Hasil Proyek Mahasiswa melalui Implementasi Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika
Abstract
Analisis efektivitas model pembelajaran Project-based Learning (PjBL) pada mata kuliah Eksperimen Fisika dilakukan melalui studi komparatif terhadap dua laporan proyek mahasiswa. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dua laporan proyek dari kelompok mahasiswa yang menerapkan PjBL dievaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen dengan rubrik penilaian yang mencakup lima aspek: kreativitas, ketepatan konsep fisika, metodologi eksperimen, keakuratan data, dan kualitas laporan tertulis. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun kedua kelompok berhasil menyelesaikan proyek, terdapat variasi signifikan dalam aspek kreativitas proyek dan keakuratan data, mengindikasikan perbedaan fokus dalam penguasaan kompetensi. Temuan ini menyimpulkan bahwa efektivitas PjBL dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti topik proyek dan dinamika kelompok. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan (scaffolding) yang lebih terfokus untuk menjamin pencapaian kompetensi yang komprehensif.
Downloads
References
Aziziy, Y. N., Wardhani, D. K., Usman, N. F., Shofwan, I., Maing, C., Dewa, E., & Norman, E. (2024). Project-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Belajar. PT. Mifandi Mandiri Digital, 1.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Pearson.
Dukangawu, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2024). Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Melakukan Praktikum Dan Membuat Poster Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Di SMP Negeri 1 Waingapu. 2(1), 18–29.
Gaffar, R. J., Juaini, M., & Rokhmat, J. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL). 5(3), 193–197.
Lestari, E., Juaini, M., & Rokhmat, J. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 198–202.
Miriam, S. (2017). KOMBINASI PROJECT BASED LEARNING DAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN 5M. 32(2), 110–116.
Noer, D. (2025). Implementasi Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka. 7(1), 1717–1726.
Pratami, R. (2024). Pendekatan Konstruktivisme dalam Kebijakan Pembelajaran Berbasis Proyek: Transformasi Pendidikan Menuju Kreativitas dan Kolaborasi. Jejaring Administrasi Publik, 16(2), 76–87. https://doi.org/10.20473/jap.v16i2.60539
Rahmatillah, W., Jayatri, T., Isnata, R., Wulandari, S., & Siltawani, A. (2025). PENERAPAN MODEL PJBL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 SDN 60 KOTA JAMBI. 1(1), 15–21.
Suhartini. (t.t.). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Praktikal dalam Pembelajaran Biologi (Mikrobiologi Kesehatan) di SMK Samarinda. Jurnal SULTAN IDRIS PENDIDIKAN PROFESI GURU (SI-PPG).
Suhartini. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Praktikal dalam Pembelajaran Biologi (Mikrobiologi Kesehatan) di SMK Samarinda. 1(2), 205–214.
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86–93.
Syafila, A. E., & A’yun, D. Q. (2024). ANALISIS EKSPLORASI KONSEP PENDIDIKAN KONSTRUKTIVIS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1–23.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Wedi, A. (2016). KONSEP DAN MASALAH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 21–28.
Copyright (c) 2025 Fauziah A, Nursakinah Annisa Lutfin, Aulia Rahmadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints