Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Khas Bugis Ditinjau dari Segi Geometri
Abstract
Keberagaman budaya Indonesia merupakan potensi besar yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran, termasuk dalam pendidikan matematika. Salah satu pendekatan yang menonjol adalah etnomatematika, yang menjembatani konsep matematika dengan praktik budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk geometri yang terdapat dalam makanan khas Bugis sebagai sumber belajar matematika kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi melalui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi terhadap lima jenis makanan khas Bugis, yaitu Tumbu, Barongko, Cangkuning, Burasa, dan Bolu Peca. Penelitian dilaksanakan pada 10 November 2024 selama satu bulan, dan data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap makanan mencerminkan konsep geometris: Tumbu berbentuk tabung, Barongko berbentuk prisma segitiga, Cangkuning berbentuk limas segiempat, Burasa berbentuk persegi panjang, dan Bolu Peca berbentuk balok. Konsep-konsep ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran matematika yang konkret dan inovatif, membantu siswa memahami geometri dalam konteks budaya lokal mereka. Temuan ini memberikan kontribusi dalam memperkuat peran etnomatematika sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual yang berakar pada kearifan lokal.
Downloads
References
Akbar, A., Haidar, I., & Hidayati, U. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis di Kabupaten Pinrang. 05(02), 121–128. https://doi.org/10.26418/pipt.2021.14
Ardiansyah, A. S., Putra, M., & Ikhwan, M. (2022). Integrasi Matematika Bangun Ruang Prisma Segitiga Untuk Siswa Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, 4(1), 331–338. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1212
Ariani, D., Zubainur, C. M., & Duskri, M. (2016). Pengenalan Sifat dan Karakteristik Tabung dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 26–38.
Asis, A., Raodah, R., & Suryaningsih, T. (2019). Kuliner Tradisional Pada Upacara Adat di Sulawesi Selatan. In UPT UNHAS Press. https://repositori.kemdikbud.go.id/15854/
Asma, A., & Kadir, K. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Proses Pembuatan Kue Tradisional Cangkuning Sebagai Sumber Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3168. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6024
Busrah, Z., & Pathuddin, H. (2021). Ethnomathematics: Modelling the volume of solid of revolution at Buginese and Makassarese traditional foods. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(4), 331–351. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i4.15050
Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). Studi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Cilacap. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/5980/3690
Dewi, R., & Dian, F. (2022). Etnomatematika: Keterkaitan Budaya dan Matematika. JURNAL INOVASI EDUKASI, 5(2), 19–26.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377
Fitriani, & Azmidar. (2023). Etnomatematika Budaya Bugis: Inovasi Pembelajaran Matematika pada Burasa’. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 2(1), 20–38. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v2i1.5077
Hajrah, S. (2019). RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN ETNOMATIKA BERBASIS BUDAYA BUDAYA LOKAL MAKASSAR. Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(42–52).
Heriyati, H., & Handayani, S. (2022). Ketupat Makanan Tradisional Betawi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Etnomatika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 105–111. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1415
Irfah, A. (2024). Studi etnomatematika pada kue tradisional suku Bugis. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 122–131.
Khairani, A., & Sukma, D. P. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konseptual Peserta Didik Mengenai Luas Prisma Segitiga. 5(2), 410–417.
Mahendra, M. Y., & Hasanah, R. U. (2023). Etnomatematika terhadap Proses Pembuatan Kue Lapis Pelangi. Euclid, 10(2), 406. https://doi.org/10.33603/e.v10i2.8576
Ninawati, M. (2019). the Ability of Creative Thingking in Mathematics. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 29–41. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.64
Nurfaizah.AP, Haerani, & Amrah. (2024). PKM Berbagai Macam Kue Tradisional Bugis Makassar. Jurnal Lepa-Lepa Open, 4(2), 2776–4176.
Nurhasanah, Mappapoleondro, A. M., & Mansoer, Z. (2021). Upaya Pengenalan Konsep Bentuk Geometri melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 83–88. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1108%0Ahttps://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/1108/719
Nurkhafifah, S., Pailokol, N. S., & Megawanti, P. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Pada Struktur Bangunan Rumah Joglo Semar Tinandhu. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 92–105. https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.4225
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2020). Learning reflection through the context of Central Java historical building. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022095
Pathuddin, H., Kamariah, & M. Ichsan, N. (2021). Buginese Ethnomathematics : Barongko Cake Explorations as Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312.
Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10
Pradiati, S., Armielia, A. A., & Triutama, O. P. (2023). Sejarah Gastronomi Kue Barongko dari Makassar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3794–3799. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3403628
Rudyanto, H. E., HS, A. K., & Dea, P. (2015). Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 1–6.
Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 9–20.
Sakinah, D., Lubis, I. I., & Habibi, M. (2023). Ethnomathematical Exploration of Tumbu’ Bugis Food. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 133–148. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol8no2.2023pp133-148
Sari, R. I. (2009). Buku Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Teknologi AUGMENTED REALITY. In Mgmp Matematika Smp Kota Malang Bangun.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Simangunsong, M. I. R., & Lubis, M. S. (2024). Exploration of Ethnomathematics in Making of Traditional Pempek Palembang. 8(1), 385–394.
Soebagyo, J., & Noer, A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Gapura Pramuka. Euclid, 10(2), 268. https://doi.org/10.33603/e.v10i2.8552
Suharjana, A. (2008). Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di Sekolah Dasar. In Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Field Intermediate Dalam Menyelesaikan Soal Etnomatematika Universitas Muria Kudus , Kudus , Indonesia E-mail : Abstrak Pendahuluan Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang penting unt. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 451–466.
Yuli, S., & Ritonga, K. (2024). Exploration of Ethnomathematics in Traditional Lebaran Food in Labuhanbatu. 3(3), 109–122.
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Zulfa, D., Alfi Noviana, K., Sofiyah, H., Lya, S., Pramesti, D., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Jajanan Tradisional Suku Sasak dalam Perspektif Geometri. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 437–450.
Copyright (c) 2025 Nur Rizki Awalia, Miftahul Muflihah, Andi Kusumayanti, Andi Ika Prasasti Abrar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints