Penerapan Algoritma Maksimum Minimum dalam Pencarian Aliran Maksimum Kendaraan

  • Eka Susilowati Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Optimal, Aliran Maksimum, Algoritma Djikstra, Algoritma Ford Fulkerson, Aliran Kendaraan, Algoritma Edmund Karp, Algoritma Maksimum Minimum

Abstract

Jalan merupakan salah satu infrastruktur penunjang kegiatan perekonomian Masyarakat. Jalan di Indonesia tidak seluruhnya merupakan jalan yang lebar. Ada juga jalan yang merupakan jalan local yang hanya dilintasi oleh kendaraan dengan kecepatan rendah. Kapasitas tiap jalan pun berbeda beda antara satu dengan yang lain. Ada yang memang jalan berkapasitas kendaraan banyak dan dapat memuat kendaraan besar. Namun ada juga sebaliknya hanya kendaraan kecil yang dapat melintasi jalan tersebut. Para pekerja juga paling banyak menggunakan fasilitas jalan untuk menuju ke kantor atau tempat bekerjanya. Pada penelitian ini, dicari aliran kapasistas maksimum jalan dari mess ke kantor dengan menggunakan aljabar maksimum minimum. Hasil dari penelitian ini adalah jaringan jalan dari mess karyawan menuju kantor yang dihasilkan adalah (1,2) ,(2,5),( 5,7) dengan besar jumlah arus maksimum yang dapat melalui jalan dari mess karyawan menuju kantor sebesar 800 mobil per jam. Dengan adanya hasil tersebut, maka karyawan dapat memilih jalan yang memudahkan dia dalam mencapai tujuan dari mess karyawan menuju kantor berdasarkan hasil jaringan yang diperoleh menggunakan aljabar maksimum minimum untuk menghindari kemacetan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-04
How to Cite
Susilowati, E. (2025). Penerapan Algoritma Maksimum Minimum dalam Pencarian Aliran Maksimum Kendaraan. SAINTIFIK, 11(2), 208 - 213. Retrieved from http://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/600