Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

  • Nurul Rahmawati
  • Zaid Zainal Universitas Negeri Makassar
  • Lukman Lukman Universitas Negeri Makassar
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Smart Box, Berpikir Kritis, Quasi-Eksperimen

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisis pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan bantuan media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika. Studi ini menggunakani pendekatan kuantitatif dengan mengadopsi jenis riset eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisa deskriptif menunjukkan adanya perbedaan rata-rata dalam peningkatan keterampilan siswa dalam berpikir kritis antara kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media smart box dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa model berbasis masalah (Problem Based Learning) berbantuan media smart box memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan siswa dalam berpikir kritis. Hal ini mengindikasi bahwasanya penerapan model berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Model PBL dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran Matematika guna mendukung pengembangan keterampilan abad 21 yang berorientasi pada pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-31
How to Cite
Rahmawati, N., Zainal, Z., & Lukman, L. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis . SAINTIFIK, 11(2), 233 - 239. https://doi.org/10.31605/saintifik.v11i2.590