Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Smart Box Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisis pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan bantuan media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika. Studi ini menggunakani pendekatan kuantitatif dengan mengadopsi jenis riset eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisa deskriptif menunjukkan adanya perbedaan rata-rata dalam peningkatan keterampilan siswa dalam berpikir kritis antara kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media smart box dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa model berbasis masalah (Problem Based Learning) berbantuan media smart box memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan siswa dalam berpikir kritis. Hal ini mengindikasi bahwasanya penerapan model berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Model PBL dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran Matematika guna mendukung pengembangan keterampilan abad 21 yang berorientasi pada pemecahan masalah.
Downloads
Copyright (c) 2025 Nurul Rahmawati, Zaid Zainal, Lukman Lukman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints