Asesmen Keterampilan Saintifik Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis-Proyek dengan Platform Course Management System
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengakses:1) keaktifan, 2) respon, 3) keterampilan saintifik keterampilan saintifik melalui pembelajaran berbasis-proyek dengan platform course management system (BP-PCMS). Metode yang diterapkan adalah pra-eksperimen semu dengan jumlah sampel sebanyak 98 mahasiswa.Teknik penentuan sampel dengan menggunakan random sampling Hasil Penelitian: 1) mahasiswa aktif; 2) tanggapannya sangat positif; 3) keterampilan saintifik 91,54 (tinggi). Kesimpulan keterampilan saintifik dan keaktifan belajar dapat dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis-proyek. Rekomendasi: Keterampilan saintifik dan aktivitas belajar dapat diteliti lebih lanjut dengan jumlah sampel yang lebih banyak.
Downloads
References
Nisa, C dan Widodo. (2013). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kreativitasdan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Membuat Aneka Lipatan Serbet. E-journal boga, 2(1),29–32. https://www.google.com/search?.
Doosuur, A and Sandra, M. I. (2013). The Use of Audio-Visual Materials in The Teaching and Learning Processes in Colleges of Education in Benue State-Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME,) 1(6), 44-55,www.iosrjournals.org.
Elijah, O and Ojowu. (2014). Impact of Audio-Visual (AVS) Resources on Teaching and Learning Insome Selected Private Secondary Schools in Makurdi. IMPACT: International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL) 2(5), 195-202. https://www.academia.edu/11322.
Joyce, B., Weil., Marsha and Showers, B. (1992). Models ofTeaching. Fourth Edition. Boston: Allyn & Bacon.
Joni, P., Sri, Y., Sri, A. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144, https://www.neliti.com/publicati.
Khery, Y. D. (2017). Pengaruh Context-Rich Problems Berbentuk Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Pemahaman Konsep Kimia Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3 (1), 636-644. https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i2.1151
Mubarok, M. F dan Mulyaningsih, S. (2014). Penerapan Pembelajaran Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Media Phet Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03(01),76-80. https://www.google.com/.
Nadira., Tawil, M dan Arsyad, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender PesertaDidik Kelas XI SMA Negeri 1 Majene. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSF), 10, 2-13.http://eprints.unm.ac.id/18974/.
Prihatiningtyas, S., T., Praswoto dan Budi, J. (2013). Implementasi Simulasi Phet dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA. 2(1),18-23.https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505.
Saputra, R., Susilawati, S., dan Ni Nyoma, S. P. V. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physyc Education Technology) Terhadap Hasil BelajarFisika. Jurnal PIJAR MIPA,15(2), 110-115 http://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.
Shridevi A. S., Gayatri L., Patil., Arif, N. K., Rashmi A. G and Satvik, P. S. (2013). Role of Audiovisual Aid as A Teaching - Learning Method For Understanding Mechanism of Labour. J Pub Health Med Res,1(2), 97-99. https://www.semanticscholar.org.
Sinulingga, P., Theo, J, H dan Budi, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika.2(1),58-64. https://doi.org/10.21009/1.02109.
Tawil, M and Ahmad, D. (2021). Application ofInteractiveAudioVisual Media to Improve Students’creative Thinking Skill. J. Phys.: Conf. Ser. 1752 012076.
Tawil. M., dan Liliasari, (2020). Teori dan ImplementasiPembelajaran IPA, Seri 2. Makassar. UNM Press.
Tawil, M., dan Liliasari, (2018). Teori dan ImplementasiPembelajaran IPA, Seri 1. Makassar. UNM Press.
Copyright (c) 2025 Muh Tawil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Free access for all users worldwide
- Authors retain copyright to their work
- Increased visibility and readership
- Rapid publication
- No spatial constraints