Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Biologi STKIP PI Makassar

  • Kamriana Kamriana STKIP PI Makassar
  • Nasrianty Nasrianty STKIP PI Makassar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control groupyang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw terhadap Keterampilan Berpikir Kritis MahasiswaSTKIP Pembangunan Indonesia Makassar.Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar yang terdiri dari dua kelas dan berlaku sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada proses pembelajaran, Wawancara, nilai post tes serta dokumentasi.Observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pada saat proses pembelajaran. Nilai post test terdiri dari 10 pertanyaan essay secara keseluruhan.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis,Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-04
How to Cite
Kamriana, K., & Nasrianty, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Biologi STKIP PI Makassar. SAINTIFIK, 5(1), 20-26. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.194